Hai ! kali ini di blog gw bahas tentang kunjungan karya wisata sehari. hihi. Ceritanya nih, gw awalnya iseng, duduk, sambil maen hape. Dan gw liat timeline nya @kampusupdate mereka lagi ada kegiatan acara kunjungan company visit ke GMF Aero Asia. Wihh... gw tertarik kalo kunjungannya ke perusahaannya anak Garuda Indonesia cuy hehe... syaratnya kemaren harus repost ulang postingan tersebut dan tulis captionnya mengapa kalian tertarik untuk ikut kegiatan tersebut... hehehe alhasil gw repost dan tulis captionnya akhirnya keterima deh HAHA.. (iseng-iseng berhadiah) tapi, ini suatu kebanggaan gw juga karena gw dpaet pengalaman bisa masuk ke akses perusahaan yang keren menurut gw. So gitu ceritanya gw bisa ke PT. GMF Aero Asia, Tbk.
Kamis, 5 Oktober 2017, gw saking semangatnya bangun pagi jam setengah 5 sebuh. Trus gw prepare, dan pergi sendiri keluar rumah jam 6 kurang 10 menuju terminal damri Gambir. Well, acara ini hanya bisa akses masuk doang liat-liat bengkel pesawat. Ga gratis sepenuhnya (hiks) ongkos menuju akses ditanggung sendiri-sendiri hikss... oke, gw kalo hal yang bermanfaat dan jd pengalaman buat gw, gw rela royal dalam hal ini (swag mode on). HAHA. Okedeh, 6.30 otw airport Soekarno Hatta, Cengkareng dan tiba di airport jam 7.15, untung ga kejebak macet hehe.
Jam 9 akhirnya... dari terminal 1C Soetta, sampailah ke kantor pusat GMF. Ohh ya, GMF itu kepanjangan dari Garuda Maintenance Facility. Letak kantor pusat nya tepat di Komplek Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng, Indonesia. Letak kantor nya paling ujung, dan kalo kesana ada bus khusus. Okey, jadi gw ama temen-temen yang lain udah sampe nih. Feeling gw ini pasti ga dibolehin bawa hape dan kamera. Yap ternyata bener dugaan gw. Jadi hape kita semua dikumpul dan dititipkan... Yahh,, padahal gw mau ambil gambar buat blog gw. Hiksss (absolutely gw kecewa) yaa.. tapi gimana lagi gw harus ikuti peraturan. Terus, peraturan yang lain, ga boleh pake sepatu hak, harus sepatu tertutup alias sepatu kets. Dan pake celana panjang. Pas kita masuk, kita di check satu-satu oleh petugas, dan masuklah ke kawasan vital perusahaan...
Ada ibu Siska bagian public relation nya PT. GMF yang nemenin gw ama temen-temen dari awal sampe akhir. Dia menjelaskan profil PT GMF itu sendiri. Jadi, PT. GMF Aero Asia itu merupakan anak perusahaannya PT. Garuda Indonesia yang sahamnya 99 % itu milik PT. Garuda Indonesia sendiri, dan 1 %nya milik PT. Aero Travel. Nah, walaupun pesawat garuda ini punya anak perusaahaan kalo pesawat butuh perawatan tetap bayar, tapi masih ada keringanan yang ditanggung dan beda dengan cutomer perusahaan penerbangan non garuda indonesia group. PT. GMF Aero Asia ini didirikan pada tahun 2002, yang sebelumnya ini merupakan divisi maintenance and engine nya PT. Garuda Indonesia, dan pada tahun tersebut, mereka berdiri sendiri dan terbentuklah sebuah perusahaan. Kalo menurut gw, PT. Garuda Indonesia emang pinter mengelola menagement perusahaannya. Dengan adanya PT baru, mereka bisa open saham, dan mencari keuntungan dengan penawaran jasa perawatan pesawat yang lebih terbuka pada perusahaan penerbangan yang lainnya. Dan itu banyak banget duitya cuyy... Jadi sekarang pegawainya sekitar 4500an orang. Gw yakin, pegawainya pasti sejahtera banget. Kalo naik pesawat, pasti naik garuda kan hihi.
Pertama-tama, gw dan temen-temen memasuki area Engine Shop. Gw jelasin yang sedapet gw dari sana ya, kalo ini merupakan area perawatan mesin vital pesawat. Gw liat ada kerangka baling-baling pesawat, dan itu harus dikerjakan dengan super power hati-hati, karena, ini bagian vital pesawat jikala ini rusak kalo saat penerbangan. You will die ! Ada Pak Danu yang nemenin dan jelasin ke kita selama touring di area ini. Gw ga tau dia ngomong apaan, bahasa mekanik bau-bau mesin-mesin gitu hahaha, gw anak hukum ga ngerti. Tapi gw nangkep omongan beliau sedikit-sedikit. Nahh... gw salutnya perusahaan ini... mereka itu sangat mengutamakan kepentingan keselamatan ! atw bahasa kampung gw Safety First. hehe. jadi, ga tanggung-tanggung harga perawatan pesawat itu bisa sampe 60 ribu Dollar US 500 juta keatas (mohon koreksi kalo salah hiks). gw yang taunya tipe-tipe pesawat itu, seri Boeing 737 (Pesawat Garuda, Lion Air, dll), Airbus (Pesawat lebar ex. Batik Air, Jet Bombardir (pesawat bentuknya kayak pensil) "ge berharap bangeeettt naik pesawat ini hiksss" sama ATR (baling-baling) ex. Garuda, wings, kalstar, pesawat jarak penerbangan pendek lainnya. Oh iyaa, disini juga ada jual sparepart nya loh. Gw nanya, ini sparepart pesawat dibuat dimana ? ternyata ini buatan Perancis, dan harganya itu dirahasiakan hehe. (gw nanya seolah gw ganti sparepart kayak ke bengkel motor wkwkwk)
Setelah itu, gw dan temen-temen menuju Hanggar. Apa ituu ? Garasinya pesawat ! ihh, pasti pada pengen kesini. Sama gw juga, tapi liatnya dari dalam bus doang (lagi-lagi gw kecewa hiksss). Informasi yang gw dapetin, kalo hanggar di PT. GMF itu ada 4. Hanggar 1 itu luasnya 22.000/m2 dan hanggar tersebut buat perawatan pesawat Tipe Boeing 777, 737, 747, dll. Hanggar 2 itu buat tipe pesawat yang mungil, kayak ATR, Bombardier, series 300-700 dan perawatan ringan lainnya.Hanggar 3 itu buat perawatan pesawat tipe Airbuss (pesawat badan lebar) series 330-300. Trus, yang terakhir itu Hanggar 4, ini adalah hanggar terluas di dunia. 3 kali kipat cuyy... bayangin luas banget kan... dan kita turut bangga, kalo hanggar 4 ini buatan ank bangsa widihhh keren yak. Kalo selain hanggar 4 itu buatan orang luar. Nah hanggar 4 ini ada 2 bagian, timur dan barat. Kalau timur buat pesawat non garuda, barat untuk pesawat Grup Garuda Indonesia, dan Group Skyteam.
Hanggar ini juga ternyata ada kekhususannya juga. Sriwijaya Air itu dia kontrak hanggar khusus buat dia doang... dan bayarannya lebih mahal. Ohh ya, ada hanggar terbuka juga, itu hanggar khusus tidak ada proses maintenance. Alias, pesawat-pesawat yang nunggu karena pemiliknya belom bayar lunas, atau dibiarkan sama pemiliknya dan itu jadi asset negara dan bisa dijual lagi.
Udah deh sampai disini ajah cerita karya wisata gw kali ini ke PT. GMF Aero Asia. Nahh...gw ngobrol ama ibu siska, Pesawat Garuda itu Tiket nya mahal karena, dia mengutamakan aspek keselamatan penumpang. Semakin mahal harga tiket, maka, kecil kemungkinan untuk delay, pesawat rusak, dan lain-lain iu ga ada... dan ternyata, 80 persen dari penjualan tiket pesawat digunakan keperluan untuk perawatan pesawat. Dan 20% nya buat gaji pilot, pramugrari, karyawan, makanan dalam pesawat. Itu sebabnya pesawat garuda tiket nya mahal kali cuy. karena perawatannya beda dan bagus banget.
Jika dibandingan dengan pesawat non garuda yang lain, dia memang memberikan tiket harga yang murah, tapi untuk perawatan pesawatnya mereka pilih paket standar... ternyata (lagi) perawatan pesawat itu ada level nya tertentu... dan pasti kalian dapat menyimpulkan sendiri hehe... You Know Perawatan Pesawat itu mahal banget bayar pake dollar ! haha.
Gw menyimpang dikit, kalo sepengalaman gw, gw pernah naik pesawat garuda, lion, sriwijaya, batik, sampe mandala tiger air (ga ada lagi, dah bangkrut hiks) gw bandingkan, emang yang bagus naik garuda. Pelayanan, keselamatan, dll itu ada di mereka semua gitu loh (gw muji-muji ahh) wkwk. Dan gw pernah sampe 5 jam delay naik pesawat singa merah gara-gara mesin nya rusak. Yaelah ini kan serem amatt kalo pesawatnya lagi rusak mesinnya gemana mau pulanggg hikssss... yaa itu dia jawabannya tadi, perawatan pesawat mereka itu standar.. tiket murah, jadwal penerbangan padat, tapi ga melihat aspek keselamatan penerbangan kan ngeri bget kan yaaa... makanya gw lebih milih sekarang naik Garuda Indonesia. (walupun tiket mahal gw beli, tahan nabung cuyy wkwk) hesteg sombong wkwk.
Yap, udah dulu yaa... gw seneng banget hari ini karya wisata ke bengkel perawatan pesawat. Baru kali ini gw mengunjungi bengekel pesawat, biasanya bengkel motor wkwk. Walaupun gw agak kecewa dengan akses nya yang super duper ketat sampe ga boleh bawa hape hiksss.. gw terima kasih banget buat @kampusupdate silahkan follow instagramnya wkwk udah ngasih akses buat maen ke GMF dan gw dapet temen2 baruu dehh... !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar